The Batman (2022), Bukan Film Buat Kamu


Bercerita tentang Batman yang sedang bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam memecahkan sebuah kasus pembunuhan. The Batman hadir membawa angin segar berbeda dengan film-film Batman sebelumnya.

Di tulisan gue kali ini, gue mau ngejelasin beberapa hal yang banyak jadi pertanyaan orang-orang setelah nonton The Batman. Kok Bruce Wayne gitu? Kok cerita Detective? Kok gini? Kok gitu?

Batman / Bruce Wayne

Ada beberapa kondisi Bruce Wayne alias Batman di film ini menurut gue harus dapat dipahami supaya kita bisa menikmati film ini.

Bruce Wayne disini baru 2 tahun jadi Batman, jadi kita harus maklum dengan karakter yang pengalamannya baru 2 tahun itu.

2 tahun juga musuh-musuhnya batman ga langsung alien super kuat dari luar angkasa. Batman tu jadi super hero di kota Gotham ya teman-teman, mohon dipahami.

Bruce Wayne kok ga main cewek? Ga pamer harta kayak di film Batman lainnya?

Hmm.. Jadi gini, yang gue tangkep Bruce Wayne disini tuh belom aktif di dalam Wayne Enterprise, belom banyak interaksi sosial, belom mencitrakan dirinya, dan pekerjaannya terkait Wayne Enterprise masih di handle sama Alfred.

Kayaknya sih Bruce Wayne baru selesai sekolah. Doi masih seorang penyendiri yang trauma dengan kematian Orang tuanya, doi pengen cari kebenaran tentang kematian orang tuanya, doi juga berpikir kalo sebab kematian orang tua nya itu karena kebobrokan kota Gotham, makanya doi masih fokus jadi Batman ketimbang jadi orang kaya. Konflik yang dihadapi masih soal kriminalitas di kota Gotham.

Harusnya sih kedepan setelah beberapa konflik dan fakta yang dia temukan tetang perusahaannya sendiri (Wayne Enterprise), Bruce bakal aktif sebagai Bos besar dan ikut mengatur peerusahaannya itu. Mulai banyak kegiatan di luar dan di siang hari, mulai keliatan flamboyan.

Gotham

Banyak yang ga ngeh, ga ngerti, atau belom tau tentang Gotham itu kota yang apa dan kayak gimana.

Gotham sendiri menurut gue adalah bagian penting yang harus kita pahami karena Gotham adalah kota tempat kita melihat bagaimana Batman beraksi sebagai super hero.

Terus Gotham itu kota yang kayak gimana sih?

Mungkin kalian tau beberapa musuh terkenal Batman kayak Penguin dan Riddler yang muncul di film ini. Tapi kalian tau ga sih kenapa mereka sampe bisa jadi musuh Batman? Alasan terbesarnya ya karena kondisi Gotham amat sangat boborok, dan memprihatinkan, hingga menciptakan musuh-musuh hebat buat Batman.

Gotham adalah kota yang korup luar biasa. Gotham dikuasai oleh mafia-mafia di dalamnya, sebut saja Sal Maroni dan Carmine Falcone. Pemerintah dan swasta cuma jadi topeng untuk penguasa-penguasa yang ada di balik keindahan kota Gotham. Swasta salah satunya adalah Wayne Enterprise, perusahaan milik keluarga Bruce Wayne.

Ketimpangan sosial merupakan isu yang dihadapi masyarakatnya hampir setiap hari. Pemilihan pemimpin kota selalu menjadi angin segar dengan janji-janji dan harapan Gotham akan membaik, tapi nyatanya ada pemain besar di belakangnya yang membuat Gotham tak kunjung membaik.

Dari kebobrokannya itu lahirlah karakter-karakter oportunis yang licik seperti Penguin yang memilik bisnis klab malam tempat berkumpul dan terjadinya transaksi haram di kota Gotham.

Lalu Riddler yang tumbuh dengan rasa sakit hatinya sebagai seorang yatim piatu, ketimpangan sosial yang menyengsarakannya membuatnya menjadi pribadi yang pendendam dan merencanakan kejahatan di kota Gotham.

Kehadiran Batman yang ingin memperbaiki Gotham tentu akan menimbulkan respon dari dalam gelapnya kota Gotham, dan memunculkan musuh-musuh untuk Batman.

Alfred Pennyworth

Terus kok kayaknya hubungan antara Bruce dan Alfred masih sebatas pelayan dan majikan gitu ya?

Meskipun udah lama tinggal bareng Alfred, Bruce masih tetap seorang pangeran di keluarga Wayne, dan Alfred hanya seorang pelayan dengan sumpah setianya , tidak terjadi keakraban diantara keduanya, hanya sebatas kesetiaan dan kepercayaan.

Dan mengingat Bruce baru 2 tahun jadi Batman, jadi belom banyak fakta keluarga Wayne yang terungkap oleh Bruce. Fakta Keluarga Wayne ini yang nantinya akan menjadi jembatan komunikasi dan memberikan kedekatan diantara Bruce dan Alfred.

Seiring berjalannya waktu nanti hubungan Bruce dan Alfred sih harusnya makin deket dan makin akrab. Karena Bruce akan selalu butuh bantuan Alfred.

Detektif

Berbagai macam reaksi tentang The Batman yang kayak cerita detektif, ada yg bilang bosenin, ada yang bilang bagus, ada yang bilang biasa aja, macem-macem deh pokoknya.

Buat fans Batman gue rasa ini sih jadi bagian paling menyenangkan. Setelah selama ini nontonin film-film Batman, akhirnya ada yang ngeluarin dan menonjolkan sisi detektif dari Batman, gokil.

Jadi ya Batman tu emang gitu, ketemu Gordon, analisa kasus, sharing informasi, harus gimana kedepannya, ketahuan siapa yang mau digrebek, pas grebek baru deh hajar sana sini.

FYI aja nih ya, Batman pertama kali lahir di dunia tu di komik Detective Comics edisi ke 27 tahun 1939. Batman debut aja udah langsung jadi detektif.

Kesimpulan

Masih ga terima batman jadi super hero yang kayak gini? Yang penuh investigasi dan strategi. Berarti The Batman bukan buat kamu.

Film super hero tidak berarti harus film action, meskipun tetap ada action di dalamnya. Tapi Batman sejatinya bukanlah super hero yang full action, meskipun dia jago berantem juga.

Nah tadi itu gue baru ngomongin dasar-dasar siapa apa dan kenapa gimana harus nonton The Batman. Ada hal-hal lain yang membuat film ini berbeda dari film super hero lainnya.

Selain dari penyajian ceritanya yang penuh dengan investigasi dan strategi, score (sound/music) di dalam film ini juga terbilang gila keren banget, membangun suasana horror dan tegang dalam setiap scene-nya, keren banget.

Ditambah lagi durasi film yang panjang, dijamin deh bosen, wkwkwk…. Nggak deng becanda, hehe… Tapi emang sih setelah dua jam nanti pada umumnya penonton akan mulai bosan dan mulai kebelet ke toilet. Tapi jangan sedih, kebosanan itu ga akan berlangsung lama karena konflik dan soundnya yang bakal bikin kamu tetap fokus dan terbawa suasana.

Gila sih emang Matt Reeves, The Batman ini keren banget. Cuma ya gitu, bukan film buat semua orang.

The Badass

Biar gambar yang berbicara.

Terimakasih sudah membaca

Leave a comment